DIAGRAM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TRADISIONAL

A.  pengertian diagram

Diagram merupakan ringkasan dengan menggunakan sedikit garis-garis, symbol-symbol atau lambang-lambang yang menggambarkan struktur dari objeknya secara garis besar, menunjukkan hubungan yang ada antara komponen atau sifat-sifat proses yang ada, serta ditambahkan sedikit keterangan, yang cukup untuk memberikan penjelasan secara cepat, ringkas, dan jelas.

Kreteria diagram yang baik untuk dijadikan sebagai media pembelajaran adalah sebagai berikut :

  1. Benar, diagram rapi, diberi title, label dan diberikan penjelasan penjelasan yang perlu.
  2. Cukup besar dan ditempatkan secara strategis.
  3. Penyusunanya disesuaikan dengan pola membaca yang umum yaitu dari kiri ke kanan dan dari atas kebawah

B.  Dalam dunia pendidikan ada beberapa Diagram yang sering digunakan sebagai media pembelajaran antara lain :

1. Diagram Garis

Penyajian data statistik dengan menggunakan diagram berbentuk garis lurus disebut diagram garis lurus atau diagram garis. Diagram garis biasanya digunakan untuk menyajikan data statistik yang diperoleh berdasarkan pengamatan dari waktu ke waktu secara berurutan.

2. Diagram lingkaran

Diagram lingkaran adalah penyajian data statistik dengan menggunakan gambar yang berbentuk lingkaran, yang dibagi dalam beberapa bagian sesuai dengan macam data dan perbandingan frekuensi masing-masing data yang disajikan.

3. Diagram Batang

Diagram batang umumnya digunakan untuk menggambarkan perkembangan nilai suatu objek penelitian dalam kurun waktu tertentu. Diagram ini penyajianya dalam bentuk batang, sebuah batang melukiskan jumlah tertentu dari data.

4. Diagram Batang Daun

Diagram batang daun dapat diajukan sebagai contoh penyebaran data. Dalam diagram batang daun, data yang terkumpul diurutkan lebih dulu dari data ukuran terkecil sampai dengan ukuran yang terbesar.

5. Diagram  Kotak  Garis.

Data statistik yang dipakai untuk menggambarkan diagram kotak garis adalah statistik Lima Serangkai, yang terdiri dari data ekstrim (data terkecil dan data terbesar), Q1, Q2, dan Q3.

C. Fungsi diagram secara umum adalah :

1. Sebagai penyederhana sesuatu yang kompleks sehingga dapat memperjelas penyajian pesan.

2. Menentukan frekuensi relatif dan urutan pentingnya masalah-masalah atau penyebab-penyebab dari masalah yang ada.

3. untuk menunjukan atau menggambarkan tahapan atau langkah-langkah untuk mencapai suatu sasaran atau target.

D. Manfaat Diagram

1. Lebih mudah mengingat data-data kuantitatif dan perkembangannya dalam kurun waktu tertentu.

2. Menarik atensi dari siswa untuk belajar, karena data-data pada diagram sudah terurut.

3. Lebih mudah menerangan yang sulit dimengerti apabila diterangkan hanya dengan kata-kata.

4. Penjelasan lebih praktis tanpa harus menggunakan banyak kalimat.

E. Contoh  Diagram Batang.

About these ads

About purnawa

bokek generation menuju sukses

Posted on Maret 23, 2012, in Umum. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: